Berada atau sederhana, itu mahasiswa


Liburan kini telah mengalami masa bersemi, dan masa sibuk pun telah berguguran. Saatnya berkreasi untuk mengupgerade diri. Hehe J
Mahasiswa memang identik dengan segudang aktivitas yang menyibukan diri, di mulai dari tugas tugas akademik, kegitan praktikum, maupun kegiatan organisasi belum lagi di tambah kegitan kegitan yang lain di luar akademik seperti jalan jalan, nongkrong dan lain sebagainya, hal ini terkadang membuat para mahasiswa lupa akan tanggung jawab besarnya dalam menggali ilmu sedalam mungkin hingga mampu menyediakan tempat untuk tumbuhnya suatu prestasi.
Yeaah liburan ini pun di mulai pada pertengahan februarui tepatnya setelah Ujian Akhir Semester, masa masa padat dengan segudang aktivitas yang begitu banyak membuat otak semakin jenuh dengan berbagai macam hal yang penuh dengan kata deadline. Biasa Mahasasiswa Alay. Haha Namun hal ini pun mampu terbayar lunaskan ketika musim liburan datang dengan membawa kebahagiaan yang cukup membuat hati bersuka ria. :D :
        Liburan?? Mau ngapain? Bingung?
        Kondisi ini pun memaksa mereka hanya mampu berdiam diri di rumah. Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan dalam memanfatkan waktu liburan yang kita miliki. Waktu yang kita dapatkan ini merupakan waktu yang langka kita temui mengingat status kita sebagai mahasiswa yang identik dengan segudang aktivitas dan kesibukan. Namun hal ini menjadi sangat ironis ketika sebagian besar mahasiswa tidak memanfaatkan waktu mereka dengan sebaik mungkin dan hanya membuang waktunya dengan sia sia.
        Beragam mahasiswa dari latar belakang yang berbeda beda dalam segi suku, ras, budaya agama dan ekonomi tumpah ruah dalam satu wadah yaitu universitas. Banyak di antara para mahasiswa yang memiliki ekonomi di atas rata merasa kebingungan ketika musim libur datang menghampiri. Mereka yang menginginkan dan mendamba dambakan masa libur sekarang harus di bingungkan dengan kondisi yang membelenggu mereka karna tak tahu apa yang harus di lakukan di masa liburan, dan akhirnya mereka pun cuman bisa berdiam diri di rumah tanpa menghasilkan suatu hal yang mampu memperkaya diri dan meningkatkan kapasitas diri. Mereka hanya bisa bermain main dan membuang buang uang untuk kegiatan yang tidak bernilai positif.
 Namun hal ini tampak berbeda ketika teropong ini kita arahkan ke sudut mahasiswa yang memiliki materi ekonomi dalam taraf sederhana dan apa adanya.
        Pada mahasiswa yang ekonominya lemah, mereka akan bersusah payah memanfaatkan waktu liburan yang datang. Mereka akan berbuat apa saja yang dapat menghasilkan suatu hal yang bernilai positif dan mampu meningkatkan kapasitas dirinya. Dari menjaga toko, ikut magang kerja di instansi pemerintahan, bahkan tak jarang mereka berusaha untuk mewirausaha sendiri. Inilah mahasiswa yang patut kita contoh. Hehe
        Kondisi ekonomi yang lemah memaksa mereka untuk hidup secara mandiri. Mandiri dalam hal mandi sendiri. Hehe bercanda. Mandiri disini lebih di tekankan kepada seluruh aspek kehidupanya. Mulai dari memenejemen waktu, uang , hati, dan pikiran. Karena untuk melakukan hal tersebut tidak lah mudah. Hal ini perlu di lakukan dengan mengedepankan asas kebiasaan. Orang dengan kebiasaan yang baik akan menghasilkan suatu output yang baik dan orang yang memiliki kebiasaan yang buruk juga cenderung akan menghasilkan kebiasaan yang buruk pula.
Kemandiriaan seorang mahasiswa sangat di butuhkan. Mengingat mahasiswa adalah calon generasi penerus sekaligus pemimpin bangsa dan Negara.
        Mereka yang mandiri akan lebih  mudah dalam memanfaatkan waktu liburan. Liburan yang mereka dapatkan pun tidak akan terbuang sia sia karena di setiap sudut otak seorang mahasiswa yang mandiri akan terlahir beribu ribu ide untuk dapat memanfaatkan waktu liburan yang mereka terima.
        Jelas terlihat perbedaan antara mahasiswa yang berada dalam kategori berada dan mahasiswa yang berada dalam kategori sederhana dan apa adanya. Mahasiswa yang ekonomoinya mumpuni akan cenderung menghambur hamburkan uang dengan kegiatan yang ambigu. Sedangkan mahasiswa yang sederhana akan slalu memanfaatkan setiapn detik waktu yang berjalan selama liburan guna memperoleh hasil positif yang memuaskan.

SELAMAT LIBURAN,..

        

SHARE ON:

Hello friends, My names is Aziz. I am a student at Jenderal Soedirman University. You can contact me by email: azizyoungfarmer@doctor.com and My Pin Blackberry Messenger 51DF7A8C

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar